Welcome to My Blog!

This is Bangkit Wira Site
Follow Me

PARADIGMA



By  bangkitimmortal     23.42     
PARADIGMA

Paradigma adalah disiplin intelektual adalah cara pandang orang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif). Paradigma juga dapat berarti seperangkat asumsi, konsep, nilai, dan praktik yang di terapkan dalam memandang realitas dalam sebuah komunitas yang sama, khususnya, dalam disiplin intelektual.

 Kata paradigma sendiri berasal dari abad pertengahan di Inggris yang merupakan kata serapan dari bahasa Latin pada tahun 1483 yaitu paradigma yang berarti suatu model atau pola; bahasa Yunani paradeigma (para+deiknunai) yang berarti untuk "membandingkan", "bersebelahan" (para) dan memperlihatkan (deik).

  1. Asumsi Dasar merupakan suatu dugaan yang diterima sebagai dasar, dan merupakan landasan berpikir karena dianggap benar.
  2. Nilai adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh setiap individu untuk memilih dan menmbang alternatif keputusan dalam situasi tertentu. Secara dinamis, nilai dipelajari dari produk sosial dan secara perlahan diinternalisasikan oleh individu serta diterima sebagai milik bersama dengan kelompoknya. Nilai ialah standar konseptual yang relatif stabil, dimana secara explisit maupun implisit membimbing individu dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai serta aktivitas dalam memenuhi kebutuhan psikologi.
  3. Model dan Contoh adalah bagaimana cara pandang setiap orang terhadap apa yang diamati dan setiap orang memiliki cara pandang masing-masing yang belum tentu setiap orang memiliki cara pandang yang sama. Contoh : Anggap saja kita sedang memakai kacamata dengan warna ungu dan memakai selama 1 jam dan berkeliling di keramaian kota, pasti warna yang ada disekeliling anda akan berbeda-beda.
  4. Masalah yang diteliti / dikaji adalah masalah yang akan dan ingin diteliti oleh seseorang tentang paradigma itu sendiri, masalahnya bisa apa saja yang ditemukan tidak memuaskan atau tidak ada ,penyelesaian pernyataan perkara yang harus diubah, apa saja yang tidak berjalan seperti seharusnya, masalah meliputi daerah yang menjadi perhatian peneliti sebagai pendidik, keadaan yang ingin diperbaiki, kesulitan yang ingin diatasi, serta pertanyaan yang membutuhkan jawaban.
  5. Konsep-konsep pokok merupakan penyusun pertama dalam pembentukan yang harus dipahami dari paradigma itu sendiri. merupakan abstraksi suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol. Konsep dinyatakan juga sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam kharakteristik
  6. Metode Penelitian
  • Fakta adalah segala sesuatu yang tertangkap pada panca indera manusia atau data nyata, yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan.
  • Data dalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra
  • Realita Adalah merupakan kenyataan yang terjadi pada penelitian atau ada dan bisa diamati secara langsung bisa umum bagi orang lain, dan bisa menjadi sangat unik bagi diri sendiri sehingga tidak pernah dialami atau disetujui oleh orang lain.
     7. Metode Analisis 
Merupakan bentuk reduksi hasil dari penelitian ilmiah yang telah dilakukan, dari          reduksi tersebut dapat diketahui apakah sudah cukup atau belum. Dikatakan cukup apabila                    aspek-aspek dalam penelitian tersebut sudah terlengkapi sepenuhnya, namun jika tidak cukup              maka kembali lagi dalam mengkaji Nilai dalam suatu persoalan yang akan di teliti hingga semua              aspeknya dianggap sudah lengkap.
     8. Hasil Analisis merupakan Suatu prores penelitian pengkajian trhadap suatu objek atau                          permasalah  hingga menemukan hasil dari suatu proses awal dan akhir penelitian tersebut                      sehingga melahirkan teori dan konsep.

About bangkitimmortal

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar