Welcome to My Blog!

This is Bangkit Wira Site
Follow Me

Apakah Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Sistem Informasi?



By  bangkitimmortal     09.50    Labels: 
1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tugas Softskill  pertama saya yang berjudul "Apakah hubungan Ilmu Sosial dengan jurusan anda?". Karena jurusan saya di Gunadarma ini adalah Sistem Informasi, maka dalam pembahasan ini saya akan mengaitkan Ilmu Sosial dengan Sistem Informasi.
Seiring dengan kemajuan teknologi ini mungkin secara tidak sadar Ilmu Sosial sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.Dalam pekerjaan di dunia IT misalnya: sebagai karyawan di perusahaan IT kita ditintut untuk bisa bersosial dan berkomunikasi dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang membutuhkan kerjasama tim.
Oleh karena itu posisi Ilmu Sosial Dasar cukup penting dalam pembentukan mahasiswa yang Bertaqwa kepada Tuhan YME, Berjiwa Pancasila, Memiliki wawasan Sejarah perjuangan bangsa, Memiliki wawasan dan pendekatan dalam menyikapi permasalahan sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, maupun pertahanan, Memiliki wawasan tentang kehidupan bermasyarakat.
1.2 Maksud dan Tujuan
Pembahasan seperti ini bermaksud untuk memberitahukan keterkaitan Ilmu sosial dasar dengan Sistem Informasi, yang kebetulan adalah jurusan yang saya ambil dalam Perkuliahan. Tujuan dari pembahasan saya adalah antara lain kita dapat mengerti keterkaitan segala hal dari ilmu sosial dasar dengan Sistem Informasi yang sekarang ini banyak hal yang keterkaitan antara keduanya berkembang secara dinamis. 

2. Landasan Teori
2.1 Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Seperangkat konsep-konsep dasar dan pengetahuan dasar ilmu-ilmu sosial secara interdisplin atau multidisiplin dipergunakan sebagai alat bagi pendekatan dan pemecahan problema-problema yang timbul dan berkembang dalam masyarakat.
Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar adalah membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dan setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lainnya.
 2.2 Pengertian Sistem Informasi
 kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

3. Pembahasan
3.1 Informatika Sosial
Informatika sosial merupakan studi yang mempelajari aspek-aspek sosial dari komputerisasi termasuk peran teknologi informasi dalam perubahan sosial dan organisasi. Penelitian-penelitian SI juga berkonsentrasi pada bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dipengaruhi oleh nilai dan praktik-praktik sosial-budaya di sebuah masyarakat. Informatika sosial dilandasi oleh cara pandang (paradigma) yang manganggap bahawa hubungan yang saling mempengaruhi antara teknologi informasi dan masyarakat pengguna.
Di dalam kajian-kajian informatika sosial terdapat cabang-cabang khusus seperti dampak sosial dari penerapan komputer (social impacts of computing), analisis sosial terhadap komputerisasi (social analysis of computing), kajian-kajian komunikasi berperantaraan komputer (computer-mediate communication), kebijakan informasi, informatika organisasi (organizational informatics), informatika interpretif (interpretive informatics), dan sebagainya.
Istilah informatika sosial berawal di Amerika Utara pada tahun 1996, dan keduanya terintegrasi dan menjadi satu dalam penelitian yang sebelumnya dikenal sebagai "Komputer dan Masyarakat (computers and society)," "dampak sosial komputasi (social impacts of computing)," "isu sosial komputasi (social issues of computing)," "analisis sosial komputasi (social analysis of computing)," dan "perilaku sistem informasi (behavioral information systems)" .
Sistem TIK adalah jaringan sosio-teknis, bukan sekedar alat.

      3.2 Hubungan antara ilmu sosial dasar dengan teknologi informatika
Secara garis besar maka hubungan antara ilmu sosial dasar dengan teknologi informasi dapat apresiasikan dalam kehidupan sehati-hari, sebagai contoh:
-         Ilmu sosial dasar sebagai ilmu basic yang mampu menunjang, mempermudah dan  memperlancar kinerja manusia
-         Komunikasi yang terkandung dalam pembelajaran dari ilmu sosial dasar sangat membantu manusia dalam bersosialisasi
-         Dengan kemampuan sosial yang dimiliki oleh seseorang manusia, dapat mengembangkan suatu program atau produk yang dia buat lebih luas di kehidupan
Ilmu sosial dasar juga dapat membantu menuntun manusia dalam mengimplementasikan keahaliannya di kehidupan

Sumber :
                        2. http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika_sosial
                                3. id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi

                   

About bangkitimmortal

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar